Kemacetan Parah Pada Akhir Pekan Di Kota Bandung: Warga Setempat Kesal Jadi Tidak Bisa Berlibur Juga

Kemacetan di Bandung Akibat Liburan Wisatawan

Bandung – Kemacetan parah terjadi di beberapa jalan utama Kota Bandung terjadi pada Jum’at (10/05/2024) Pada pukul 10:00 WIB. Akibat lonjakan wisatawan yang datang untuk menikmati hari libur mereka pada akhir pekan. Beberapa jalan utama yang selalu dipadati oleh para wisatawan setiap akhir pekan adalah Jl. Dago, Jl. Riau, dan Kawasan Lembang.

Diperkirakan ribuan kendaraan yang menjadi penyebab kemacetan di beberapa jalan utama Kota Bandung adalah berasal dari luar kota. Kemacetan parah ini memperlambat pergerakan kendaraan dan aktivitas warga setempat, dikarenakan banyaknya warga dan wisatawan  yang terjebak di jalan utama Kota Bandung selama berjam-jam. Jumlah lonjakan wisatawan dari luar kota yang ingin dan tertarik untuk menikmati berbagai destinasi wisata di Kota Bandung, Termasuk area perbelanjaan, Kuliner, dan Wisata alam yang sejuk.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung menurunkan tambahan petugas untuk mengatur lalu lintas dan memberikan informasi tentang jalur alternatif. Beberapa titik kemacetan juga ditempatkan petugas untuk membantu kelancaran arus kendaraan. Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung yang menjelaskan tentang persiapan kota dalam menghadapi lonjakan wisatawan dan upaya untuk mengurangi dampak kemacetan.

Terdapat tanggapan wisatawan yang mengaku senang datang ke Kota Bandung dikarenakan jaraknya dekat, Namun mengeluh karena belakangan ini kemacetan di Kota Bandung semakin parah. Berharap ada transportasi umum yang memadai jadi tidak perlu bawa kendaraan sendiri ke Bandung karena pasti macet.

Bertolak belakang dengan tanggapan dari warga Bandung yang mengeluh karena kemacetan ini membuat warga Bandung semakin tidak nyaman setiap hendak liburan. Dan akhirnya memutuskan berdiam di rumah saja. warga setempat juga jadi tidak bisa menikmati kota sendiri.  Mestinya ada transportasi publik yang baik dan nyaman agar tidak macet lagi.

Walaupun tanggapan tersebut saling bertolak belakang, tetapi saran dari warga dan wisatawan seirama. Karena sama-sama memberikan saran supaya Pemerintah dapat menyediakan transportasi umum/publik agar dapat memudahkan aktivitas warga dan juga wisatawan yang ingin bepergian. Saran ini pun dapat menjadi inovasi untuk meminimalisir serta menanggulangi terjadinya kemacetan parah.

 

Tugas Mata Kuliah Jurnalistik 3



Komentar

Postingan Populer