Program Yang Diselenggarakan Oleh Kelurahan: Kunjungan Pemeriksaan Rumah Sehat Warga Setempat


Bandung – Menjaga kebersihan rumah adalah hal penting yang harus selalu kita lakukan, Kebersihan rumah bukan dilihat dari luarnya saja secara visual, tetapi dilihat juga dari aspek kesehatan dan nyamannya lingkungan rumah untuk ditempati. Oleh karena itu, Kelurahan membuat sebuah Program bernama “Pemeriksaan Rumah Sehat” untuk memastikan lingkungan tempat tinggal warga terjaga kebersihannya.

Rumah merupakan tempat kita untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak keluarga, banyak sekali aktivitas yang kita lakukan di rumah, Maka dari itu, mulai lah kita bersama-sama untuk berkomitmen merawat serta menjaga lingkungan rumah dan lingkungan sekitar.

Anggota Kelurahan melakukan kunjungan pemeriksaan secara berkala sesuai dengan rekomendasi dari tim nya untuk mengunjungi rumah warga yang terpilih sebagai rumah sehat. Program rumah sehat ini juga mengidentifikasi bila ada penyebab masalah kebersihan yang berpotensi menjadi sumber dari penyebaran penyakit. Selain pemeriksaan, Program dari Kelurahan ini pun bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat agar lebih peduli mengenai pentingnya menjaga kebersihan rumah serta lingkungan sekitar.


Gambar diatas ini merupakan bukti kunjungan tim kelurahan yang sedang berkunjung ke rumah abah saya, kenapa disebut abah saya? karena saya adalah cucu nya, selaku penulis artikel ini.

Pada hari Selasa (11/06/2024). Rumah abah saya terpilih sebagai contoh rumah sehat, dan tim kelurahan langsung melakukan kunjungan pemeriksaan. Dimulai dari segi fisik luar, Rumah abah saya memiliki halaman yang cukup luas, di halaman rumah ditanami beberapa jenis tanaman dan pohon, diantaranya terdapat pohon mangga, alpukat, nangka, sirsak, tanaman cabai, bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Serta terdapat jenis tanaman obat seperti, daun binahong (untuk pengobatan luka luar), daun sirih (untuk antiseptik dan pencernaan), daun kiurat (untuk pengobatan asam urat), dan handeuleum (obat herbal untuk masalah pencernaan), dan tanaman obat herbal lainnya. Ini menjadi penilaian lebih untuk program rumah sehat yang menciptakan suasana rumah yang terkesan asri, sejuk, dan nyaman, sesuai dengan ciri-ciri Rumah yang sehat.

Kemudian tim kelurahan memeriksa bagian dalam rumah abah saya secara keseluruhan, Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan juga kamar mandi. Perlu diketahui bahwa tim kelurahan melakukan kunjungan secara mendadak, jadi kondisi rumah abah saya memang benar-benar seperti itu tanpa ada persiapan apapun.

Tim kelurahan juga memeriksa aspek kebersihan rumah sehat lainnya, yaitu:

1.   Kebersihan ruangan-ruangan didalam rumah

Tim kelurahan memeriksa kebersihan mulai dari ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan kebersihan kamar mandi. Mereka memastikan bahwa semua ruangan didalam rumah dalam kondisi rapih dan bersih.

 

2.   Melihat sumber air bersih

Tim kelurahan akan memeriksa sumber air di rumah warga, apakah bersih atau kotor. Mereka akan memeriksa dari keran air dan tangki penyimpanan air layak digunakan sehari-hari, terbebas dari kuman dan bakteri.

 

3.   Cara mengelola sampah

Tim kelurahan akan mengidentifikasi cara warga mengelola sampah, apakah sudah mulai melakukan pemisahan sampah organik dan non-organik atau belum. Dan juga memeriksa dimana serta bagaimana warga membuang sampahnya.

 

4.   Melakukan edukasi

Setelah mengidentifikasi dan memeriksa semua aspek kebersihan rumah, Tim kelurahan akan memberikan pengetahuan mengenai cara pencegahan dari penyakit yang menular. Cara yang harus dilakukan adalah dengan mencuci tangan dengan sabun sesuai dengan teknik yang diajarkan, kemudian menjaga kebersihan disekitar lingkungan rumah, Dan jika ingin lebih aman, bisa dengan menggunakan vaksinasi.


Jika kita senantiasa menjaga lingkungan rumah tetap bersih, hal ini akan meningkatkan kualitas hidup yang sehat, dan potensi untuk terkena penyakit pun akan menurun. Program kegiatan “Pemeriksaan Rumah Sehat” dari kelurahan, menghasilkan banyak dampak positif dan  bermanfaat bagi masyarakat, agar lebih peduli dengan lingkungan bersih dan nyaman.




Keyword: #RumahSehat #ProgramKelurahan

Meta Description: Program pemeriksaan Rumah Sehat memiliki dampak positif bagi masyarakat, mulai dari pemberian edukasi, hingga menciptakan lingkungan rumah yang bersih dan nyaman bagi kita semua.




                                                          
Razqia Shaffa Aulina (012223149)
UTS Jurnalistik 3

Komentar

Postingan Populer